Materi pemodelan perangkat lunak

Assalamuallaikum Wr. Wb

Disini saya ingin mensharing materi tentang Pemodelan Perangkat Lunak. Mulai dari 
1. Pengertian Pemodelan Perangkat Lunak
2. Tujuan Pemodelan Perangkat Lunak
3. Belajar Pemodelan Perangkat Lunak
4. Konsep Rekayasa Perangkat Lunak
5. Karakteristik Perangkat Lunak
6. Macam- macam Perangkat Lunak

Dibawah ini adalah materinya. Silahkan dibaca semoga bermanfaat.
Pemodelan perangkat lunak

Pengertian
Adalah disiplin ilmu untuk mempelajari bentuk-bentuk pemodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan berorientasi objek. Pemodelan delam perangkat lunak merupakan suatu yang harus dikerjakan di bagian awal dari rekayasa, dan pemodelan ini akan mempengaruhi perkerjaan-pekerjaan dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.

Tujuan
1.       Memberikan informasi bahwa sebuah perangkat lunak perlu dikembangkan lebih dari 1(satu) orang.
2.       Supaya orang lain dapat mempelajari perangkat lunak yang kita kembangkan.
3.       Supaya mengetahui konsep Rekayasa perangkat lunak
4.       Memahami tahapan pengembangan perangkat lunak
5.       Mengetahui komponen dan karakteristik perangkat lunak
6.       Memahami pembagian perangkat lunak dalam domain aplikasi

Belajar pemodelan perangkat lunak
1.       Tahapan Pengembangan Perangkat Lunak
2.       Model Pengembangan Perangkat Lunak
3.       Pemodelan untuk pengembangan perangkat lunak secara terstruktur / structrured system development (Data Flow Diagram, Structured Chart, Entity Relationship Diagram)
4.       Pemodelan untuk pengembangan perangkat lunak berorientasi objek / object oriented system development (Unified Modelling Languange: Use Case Diagram, Class Diagram, Activity Diagram)



Sebelum masuk materi, kita harus tahu dulu apa itu Rekayasa perangkat Lunak. Rekayasa perangkat Lunak ialah ilmu yang membahas semua aspekproduksi perangkat lunak yang dibuat, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Konsep rekayasa perangkat lunak:
Tahapan pengembangan perangkat








1. Analisis

Tujuan: adanya analisis untuk menentukan spesifikasi dan struktur pengguna dan menyeleksi fitur sistem yang lain. Jadi adanya analisis untuk mengetahui tren fitur yang dibutuhkan oleh pengguna.
Proses: penjadwalan (scheduling), Analisis kebutuhan pengguna.
Hasil: Target waktu pekerjaan, spesifikasi perangkat lunak 


2. Desain

Tujuan : mendapatkan dan menstrukturkan kebutuhan sistem secara keseluruhan, mengembangkan spesifikasi teknologi. Dan adapula untuk menarik perhatian pengguna agar menggunakan aplikasi yang dibuat.
Proses: membuat diagram((DFD-SD-ERD / UML)diagram ini digunakan sebagai skema pembuatan perangkat lunak.
Membuat user interface. User interface   merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat           menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Hasil: Spesifikasi tampilan, pemrosesan, laporan
Struktur program, basis data, perancangan struktur fisik.


3.       Impementasi / coding

Di tahapan ini pembuat mengimplemntasikan lewat codingan hasil analisis agar menjadi sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan.
Proses: Menulis program, membuat basis data, menginstal dan menguji sistem.
Hasil : program dan Dokumentasi

4.       Pengujian / Testing

Tujuannya ialaha untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari perangkat lunak tersebut. Apakah sudah layak dipasarkan atau masih terdapat error atau bug.
Proses: Black-box testing (interface, hasil), White-box testing (struktur program logika)
Hasil: perbaikanperangkatlunak daribug dan error, perangkat siap pakai.

5.       Dukungan / support

Paket software atu aplikasi
Ø  .exe
Ø  File data
Ø  Dokumen pendukung.


Bahan intruksional
Ø  Manuall book
Ø  Petunjuk Troubleshooting.


Karakteristik Perangkat Lunak
  1. Perangkat lunak dibangun dan dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik, selau mengikuti trend.
  2. Perangkat lunak tidak pernah usang, selalu menghadirkan inovasi terbaru.
  3. Sebagian besar perangkat lunak dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang sudah ada



Macam- macam Perangkat Lunak
Bedasarkan Domain Aplikasi dan contoh softwarenya.
  1. System software : kumpulan program-program yang dibuat untuk menjalankan program lainnya.
contohnya :compilers, editor, file management, driver, dll
  1. Real-time software : aplikasi yang digunakan untuk menganalisa atau mengatur kejadian.
contohnya cctv, sistem pertandingan olahraga, jadwal transportasi, dll
  1. Business software :aplikasi untuk memproses informasi bisnis.
contohnya e-banking, pembayaran, inventory, point-of-sale, dll
  1. Engineering and scientific software : aplikasi yang digunakan untu algoritma yang rumit. Mulai dari atronomi hingga vulkanologi.
Contohnya simulasi pesawat, simulasi operasi bedah, volcanology, dll
  1. Embedded software : aplikasi untuk mengatur produk dan sistem untuk konsumen dan pasar industri.
Contohnya : microwave, oven, fuel control, braking system, dll
  1. Personal computer software : aplikasi yang di rancang untuk interface manusia.
Contohnya : word processing, spreadsheets, computer graphics, dll
  1. Web-based software : aplikasi yang umum di gunakan untuk mencari informasi.
Contohnya :facebook, e-learning, sistem informasi akademik, dll
  1. Artificial intelligence software : expert system, theorem proving, game, google auto, dll


 Sampai sini dulu materi yang saya sharing semoga bermanfaat:) 
Wassalamuallaikum Wr.Wb. jangan lupa kasih kritik dan saran ya gan!!! 



Comments

Popular posts from this blog

Struktur Basis Data (konsep basis data) Dan Diagram ERD

Sistem alur Pembuatan Aplikasi Ticketing Pesawat Terbang dan Kereta Api

membuat Desain aplikasi menggunakan aplikasi pencil