Materi pemodelan perangkat lunak
Assalamuallaikum Wr. Wb
.
Disini saya ingin mensharing materi tentang Pemodelan Perangkat Lunak. Mulai dari
1. Pengertian Pemodelan Perangkat Lunak
2. Tujuan Pemodelan Perangkat Lunak
3. Belajar Pemodelan Perangkat Lunak
4. Konsep Rekayasa Perangkat Lunak
5. Karakteristik Perangkat Lunak
6. Macam- macam Perangkat Lunak
Dibawah ini adalah materinya. Silahkan dibaca semoga bermanfaat.
Sampai sini dulu materi yang saya sharing semoga bermanfaat:)
.
Disini saya ingin mensharing materi tentang Pemodelan Perangkat Lunak. Mulai dari
1. Pengertian Pemodelan Perangkat Lunak
2. Tujuan Pemodelan Perangkat Lunak
3. Belajar Pemodelan Perangkat Lunak
4. Konsep Rekayasa Perangkat Lunak
5. Karakteristik Perangkat Lunak
6. Macam- macam Perangkat Lunak
Dibawah ini adalah materinya. Silahkan dibaca semoga bermanfaat.
Pemodelan perangkat lunak
Pengertian
Adalah disiplin ilmu untuk
mempelajari bentuk-bentuk pemodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai
bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan
berorientasi objek. Pemodelan delam perangkat lunak merupakan suatu yang harus
dikerjakan di bagian awal dari rekayasa, dan pemodelan ini akan mempengaruhi
perkerjaan-pekerjaan dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.
Tujuan
1. Memberikan
informasi bahwa sebuah perangkat lunak perlu dikembangkan lebih dari 1(satu)
orang.
2. Supaya orang lain dapat mempelajari
perangkat lunak yang kita kembangkan.
3. Supaya
mengetahui konsep Rekayasa perangkat lunak
4. Memahami tahapan pengembangan
perangkat lunak
5. Mengetahui komponen dan
karakteristik perangkat lunak
6. Memahami pembagian perangkat lunak
dalam domain aplikasi
Belajar pemodelan
perangkat lunak
1.
Tahapan
Pengembangan Perangkat Lunak
2.
Model
Pengembangan Perangkat Lunak
3.
Pemodelan
untuk pengembangan perangkat lunak secara terstruktur / structrured system
development (Data Flow Diagram, Structured Chart, Entity Relationship
Diagram)
4.
Pemodelan
untuk pengembangan perangkat lunak berorientasi objek / object oriented
system development (Unified Modelling Languange: Use Case Diagram, Class
Diagram, Activity Diagram)
Sebelum masuk materi, kita harus tahu dulu
apa itu Rekayasa perangkat Lunak. Rekayasa perangkat Lunak ialah ilmu yang membahas
semua aspekproduksi perangkat lunak yang dibuat, mulai dari tahap awal yaitu
analisa kebutuhan pengguna,
menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai
pemeliharaan sistem setelah digunakan.
Konsep
rekayasa perangkat lunak:
Tahapan
pengembangan perangkat
1. Analisis
Tujuan: adanya analisis untuk menentukan spesifikasi dan struktur
pengguna dan menyeleksi fitur sistem yang lain. Jadi adanya analisis untuk mengetahui
tren fitur yang dibutuhkan oleh pengguna.
Proses: penjadwalan (scheduling), Analisis kebutuhan pengguna.
Hasil:
Target waktu pekerjaan, spesifikasi perangkat lunak
2. Desain
Tujuan : mendapatkan dan menstrukturkan kebutuhan sistem secara
keseluruhan, mengembangkan spesifikasi teknologi. Dan adapula untuk menarik
perhatian pengguna agar menggunakan aplikasi yang dibuat.
Proses: membuat diagram((DFD-SD-ERD / UML)diagram ini digunakan sebagai
skema pembuatan perangkat lunak.
Membuat user interface. User interface merupakan mekanisme komunikasi antara
pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna
(user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu
mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Hasil: Spesifikasi tampilan, pemrosesan, laporan
Struktur program, basis data, perancangan struktur fisik.
3. Impementasi / coding
Di tahapan ini pembuat mengimplemntasikan lewat codingan hasil analisis
agar menjadi sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan.
Proses: Menulis program, membuat basis data, menginstal dan menguji
sistem.
Hasil : program dan Dokumentasi
4.
Pengujian / Testing
Tujuannya ialaha untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas dari
perangkat lunak tersebut. Apakah sudah layak dipasarkan atau masih terdapat
error atau bug.
Proses: Black-box testing (interface, hasil), White-box testing (struktur
program logika)
Hasil: perbaikanperangkatlunak daribug dan error, perangkat siap pakai.
5.
Dukungan / support
Paket software atu aplikasi
Ø
.exe
Ø
File data
Ø
Dokumen pendukung.
Bahan intruksional
Ø
Manuall book
Ø
Petunjuk Troubleshooting.
Karakteristik Perangkat Lunak
- Perangkat lunak dibangun dan
dikembangkan, tidak dibuat dalam bentuk yang klasik, selau
mengikuti trend.
- Perangkat lunak tidak pernah usang,
selalu menghadirkan inovasi terbaru.
- Sebagian besar perangkat lunak
dibuat secara custom-built, serta tidak dapat dirakit dari komponen yang
sudah ada
Macam- macam Perangkat Lunak
Bedasarkan Domain Aplikasi dan contoh softwarenya.
- System software : kumpulan
program-program yang dibuat untuk menjalankan program lainnya.
contohnya :compilers, editor, file management, driver, dll
- Real-time software :
aplikasi yang digunakan untuk menganalisa atau mengatur kejadian.
contohnya cctv, sistem pertandingan olahraga, jadwal
transportasi, dll
- Business software :aplikasi
untuk memproses informasi bisnis.
contohnya e-banking, pembayaran, inventory,
point-of-sale, dll
- Engineering and scientific
software : aplikasi yang digunakan untu
algoritma yang rumit. Mulai dari atronomi hingga vulkanologi.
Contohnya simulasi pesawat, simulasi operasi bedah, volcanology,
dll
- Embedded software : aplikasi
untuk mengatur produk dan sistem untuk konsumen dan pasar industri.
Contohnya : microwave, oven, fuel control, braking system,
dll
- Personal computer software : aplikasi
yang di rancang untuk interface manusia.
Contohnya : word processing, spreadsheets, computer
graphics, dll
- Web-based software : aplikasi
yang umum di gunakan untuk mencari informasi.
Contohnya :facebook, e-learning, sistem informasi
akademik, dll
- Artificial intelligence software : expert system, theorem proving, game, google auto, dll
Wassalamuallaikum Wr.Wb. jangan lupa kasih kritik dan saran ya gan!!!
Comments
Post a Comment